Vaksinasi Lansia di Bombana Masih Rendah

 

KilasSultra.com:BOMBANA-Vaksinasi untuk kategori lanjut Usia (Lansia) di wilayah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara masih tergolong rendah dari harapan target.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bombana per tanggal 25 Oktober 2021 menarget, Lansia sebanyak 7.926 orang dalam pekan vaksinasi ke VII se Kabupaten Bombana.

Namun realisasinya, masih jauh dari harapan. Selama pekan vaksinasi digelar, persentase Lansia belum menyentuh angka puluhan.

Tercatat, Dosis pertama baru 9,05 persen atau baru 717 orang. Sementara Dosis ke dua baru menyentuh angka 4,20 persen atau 333 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bombana, Andi Ira Anggraeni mengatakan kedepan, akan diupayakan lagi peningkatan untuk kategori Lansia.

Dia menjelaskan pihaknya sudah berusaha mendongkrak persentase vaksin Lansia. Dengan cara menggelar pekan vaksin serta menggelar vaksin disejumlah titik terdekat dengan masyarakat.

Kendati begitu Andi ira mengaku ada berbagai kendala sehingga rendahnya angka vaksin Lansia. Diantaranya, masih banyak yang percaya Hoaks, keterbatasan gerak karena faktor usia serta faktor kesehatan.

“Misalnya, saat ada vaksin di titik terdekat, tiba tiba tensi darahnya tinggi. Ini sudah pasti tidak bisa dilakukan sehingga bisa memperlambat laju vaksinasinya,”Ujar Andi Ira

Meski begitu, pihaknya akan terus mengupayakan agar Lansia dapat tervaksin. Seperti dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama serta yang terpenting dari dukungan keluarga Lansia.

“Dukungan dari semua pihak serta keluarga sangat membantu para lansia untuk di vaksin,” tukasnya. (B)

Tulis Komentar