Banner Iklan

Tolak Tersus Tambang di Bombana, Iskandar Dukung Rakyat

 

KilasSultra.com-BOMBANA- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bombana Iskandar mendukung langkah masyarakat Kecamatan Kabaena Barat protes rencana pembangunan dermaga Terminal Khusus (Tersus) Perusahaan Nikel PT Manyoi Mandiri di Desa Baliara.

Lokasi yang digadang-gadang untuk Tersus itu, merupakan alur pelayaran masyarakat, masuk kawasan hutan lindung mangrove serta perairan disekitarnya, merupakan zona tangkap dan budidaya masyarakat.

Dukungan atas penolakan itu diucapkan langsung Iskandar saat kunjungan kerja (Kunker) di Desa Baliara Kecamatan Kabaena Barat 21 Juli 2023.

 

<

 

Ketua PKB Kabupaten Bombana itu menegaskan sekecil apapun kewenangan yang dimiliki daerah terkait tambang, namun sedapatnya untuk tidak tutup mata atau berpangku tangan atas kecemasan dan keprihatinan masyarakat .

“ Perusahaan tambang dengan segalah aktivitasnya itu, mestinya seiring dengan masyarakat. Sedapat mungkin berjalan harmonis dan bergandeng tangan. Penambang boleh melakoni usahanya, asal jangan ada kehidupan masyarakat yang tergangu atau dirugikan disitu,” tandasnya.

Politisi asal Dapil Kabaena itu mengatakan dirinya tidak sedang bantah- bantahan soal kewenangan atau izin usaha, namun kelangsungan hajat hidup orang banyak patut pula untuk dijaga dan dihormati.

“Minimalnya terbetik keberpihakan kita. Sebab disitu ada orang hidup. Dilakoni secara turun temurun. Leluhurnya dulu ada, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka,” paparnya lagi.

Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Bombana ini mengajak semua Stockholder daerah agar tidak menanggalkan tanggung jawab moril hanya karena mengetahui kewenangan tambang ada dipusat.

“Kita berharap agar kiranya tidak dijadikan sebuah alibi kata kewenangan pusat itu sehingga melepas tanggung jawab. Sebab masyarakat butuh dijaga dan dilindung,i” pintanya

“Sekecil apapun kewenangan kita, minimalnya kita buktikan keberpihakan kita pada masyarakat,” sambungnya lagi

Baca Juga  Kunjungi PT BMR, Pj Bupati Bombana sebut Invsetasi adalah aset Pemerintah dan Masyarakat

 

 

Diketahui warga Kecamatan Kabaena barat mulai cemas atas hadirnya Tersus PT Manyoi Mandiri diwilayahnya. Lokasi Tersus itu disebut sebut akan berdampak pada pesisir di sejumlah desa yang ada disekitar lokasi tarsus. (ADV)

Tulis Komentar