Banner Iklan

Rumah sakit Tipe D Kabaena Siap Dibangun. Pj. Bupati Edy Suharmanto Mulai letakan batu Pertama

KilasSultra.com-BOMBANA- Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si. resmi meletakan batu pertama penanda dibangunnya Rumah Sakit Tipe D di Pulau Kabaena Sabtu 8 juni 2023

Hadir di Pulau Kabaena Pj Edy suharmanto didampingi Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bombana, Aeni Mutmainnah, S.Pd., MM bersama Sekda Bombana Man Arfa dan sejumlah kepala dinas hingga camat dan desa pemkab Bombana

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyampaikan pentingnya pembangunan rumah sakit ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kepualauan Kabaena.

Dia juga menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk terus memperbaiki infrastruktur kesehatan guna memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat secara merata.

“Terlaksananya agenda ini, merupakan momentum bersejarah dan strategis. Karena apa yang kita lakukan hari ini, merupakan salah satu bukti hadirnya Pemerintah Daerah dalam sebuah komitmen besar untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur kesehatan yang berkualitas,” ujar Pj. Bupati Bombana.

 

Rumah Sakit Pratama ini direncanakan akan dilengkapi dengan fasilitas pelayanan perawatan Kelas III, untuk peningkatan akses bagi masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan perorangan, memberikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, Gawat darurat, serta pelayanan penunjang lainnya.

Rumah Sakit Pratama Tipe D ini juga akan membuka pelayanan Medik Spesialis oleh dokter spesialis atau dokter dengan kewenangan tambahan sesuai dengan kebutuhan pelayanan Medik Spesialis Dasar (MSD) yang meliputi pelayanan Kebidanan dan Kandungan, pelayanan kesehatan anak, pelayanan penyakit dalam, serta pelayanan bedah.

Pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan mutu pelayanan kesehatan bagi warga Kepulauan Kabaena dan sekitarnya. Proyek ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dengan menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan aktivitas ekonomi di sekitar area pembangunan.

Baca Juga  Tampil All Out Vaksin, Dinkes Bombana Terjunkan 38 Tim

Dengan peletakan batu pertama ini, diharapkan pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kepulauan Kabaena dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu, sehingga dapat segera memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat.

 

Selain itu, melalui kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian beberapa bantuan diantaranya, Mobil Ambulance untuk Kabaena Selatan dan Kabaena Timur, bantuan alat dan mesin pertanian, bantuan Rumah Ibadah dari Pemerintah Kab. Bombana dan pondok pesantren Darul Iman Kel. Teomokole Kec. Kabaena dan penyerahan bantuan Al-Qur’an oleh Ketua TP PKK Kab. Bombana.

Dengan hadirnya Rumah sakit dipulau yang dihuni enam Kecamatan itu, Edy Suharmanto berharap tidak akan ada lagi cerita bagi ibu hamil yang selalu dirujuk ke Rumbia dengan biaya  tinggi akibat carter Speed atau kapal nelayan jika dalam keadaan darurat.

Sebab rumah sakit yang dibangun di Kabaena itu akan disiapkan sejumlah Dokter bersama sejumlah fasilitas kesehatan untuk melayani masyarakat Pulau yang luas sekira 891,5 km² itu HUn Kominfo/ B1)

Tulis Komentar