Kecamatan Poleang Selatan dan Tontonunu Terendah Genjot Vaksin

 

KilasSultra.com:BOMBANA-Pemkab Bombana terus merutinkan pelaksanaan pekan vaksinasi untuk warganya. Terakhir yakni pelalsanaan pekan vaksinasi tahap VII yang berakhir tanggal 21 Oktober 2021.

Pasca itu, Laporan terkait serapan masing masing kecamatan terkait jumlah warganya yang tervaksin, terbaca dengan gamblang

Dari 22 Kecamatan yang ada di Bombana, setidaknya, terdapat dua kecamatan justeru tidak cukup setengah wujudkan capaian jumlah yang di vaksin

Dua kecamatan itu yakni, Kecamatan Poleang Tengah dan Kecamatan Tontonunu. Serapan dua kecamatan itu, dibawah 50 persen dari target yang sudah diberikan.

Poleang Selatan misalnya, dari target 5.385 orang yang divaksin, terealisasi hanya sebatas 1.776. Tercatat di Dinas Kesehatan Bombana, vaksin Dosis I hanya berkisar 1.215 orang. Sedangkan Dosis 2, Poleang Selatan baru 561 orang. Presentasenya hanya 45 persen.

Sementara Tontonunu dari target 4. 192 orang, terealisasi hanya 1.363 orang. Dengan rincian, dosis 1 sebanyak 1.024 dan dosis 2 yakni 339 orang.

Sebelumnya, Bupati Bombana H. Tafdil sudah mewarning jajarannya agar maksimal sosialisasikan vaksin di daerahnya masing masing.

Terkait realisasi vaksin, Tagdil menyebut jajaran camat dan kepala puskesmas sangat berperan penting.

“Kalau camat itu, ya gandeng lurah dan kepala desa untuk jalan sama-sama, hingga kepala dusun. Disana ada pula jajaran Kemenag seperti Kuake, ada pula unsur TNI dan Polri seperti polsek, babinsa himgga babin khamtibmas,” jelasnya.

Dia berharap camat dan kapus jangan berpangku tangan terkait vaksin. “Ini amanah dari presiden, ayo bersama kita sukseskan vaksin ini untuk imun kekebalan tubuh di tengah pandemi covid 19,” jelasnya.

Sementara itu 3 kecamatan yang duduki vaksin teratas diwilayahnya yakni Kecamatan Rumbia Tengah, lali Kecamatan Matausu dan Kecamatan Kabaena Utara, (B)

Tulis Komentar