Gubernur Ali Mazi Lantik Arsun Lio Jadi Pj Sekda

KilasSultra.com– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi resmi melantik Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Asrun Lio sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda), Jumat (22 April 2022) malam.

Pelantikan ini sekaligus mengakhiri masa jabatan Pelaksana harian (Plh) Sekda yang dijabat Asrun Lio sejak tanggal 6 April 2022 lalu.

Pelantikan digelar di kantor Badan Penghubung Pemerintah Daerah Provinsi Sultra di Gedung Menara Global, Jakarta,

Asrun Lio dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 296 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sultra dengan mengacu pada Surat Mendagri perihal Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sultra Nomor 821/2227/SJ tanggal 22 April 2022.

Berdasarkan SK Gubernur tersebut, Pj. Sekda akan menjabat paling lama tiga bulan sejak tanggal pelantikan dan berhenti dengan sendirinya setelah adanya pejabat definitif.

Dalam sambutannya, Gubernur atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada Drs. Asrun Lio, M.Hum, P.dD yang baru saja diambil sumpah dan dilantik sebagai Pj. Sekda.

“Semoga saudara mampu mengemban amanah serta mampu menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik,” kata Gubernur.

Dijelaskan, pelantikan Pj. Sekda merupakan bagian dari upaya untuk menghindari kekosongan jabatan Sekda sejak ditinggalkan oleh Sekda lama yang kini beralih menjadi pejabat fungsional widyaiswara ahli utama, Dr. NUr Endang Abbas, SE, M.Si.

Sebagai langkah awal pengisian jabatan sekda tersebut, Gubernur Sultra melayangkan surat kepada Mendagri pada tanggal 6 April 2022 lalu. Mendagri meresponnya dengan mengeluarkan surat persetujuan per tanggal 22 April 2022.

“Oleh karena itu , atas nama pemerintah provinsi tak lupa menyampaiakn terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri atas perhatian dan dukungannya kepada Pemerintah Provinsi Sultra,” kata Gubernur.

Baca Juga  Sinkronisasi Rencana Kerja, Gubernur Sultra Hadiri Musrenbangnas 2021

Gubernur juga menjelaskan, segala proses yang ditempuh hingga pelantikan Pj. Sekda, pada prinsipnya telah sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dikatakan, Pj. Sekda merupakan jabatan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pj. Sekda berkewajiban dalam menyusun kebijakan dan pembinaan hubungan yang harmonis dengan dinas, badan, dan instansi teknis lainnya.

“Sekda merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan daerah. Oleh karenanya, Sekda atau Penjabat Sekda harus menghayati peran dan fungsi tersebut, dan memberikan kontribusi yang baik untuk mendinamisasikan organisasi pemerintahan daerah,” kata Gubernur.

Selain itu, kata Gubernur, Pj. Sekda harus dapat membaca dinamika yang sedang berkembang di masyarakat, mempersiapkan, dan mengintegrasikan segala potensi untuk mendukung setiap kebijakan kepala daerah.

Gubernur juga berpesan kepada Pj. Sekda agar berkoordinasi dan berkomunikasi secara efektif dengan seluruh instansi baik daerah maupun vertikal,serta mengoptimalkan penggunaan keuangan daerah.

ikut hadir sejumlah kepala OPD lingkup pemprov, antara lain Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ilyas Abibu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Zanuriah, dan Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika Ridwan Badallah.

Hadir juga, Kadis Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Fahri Yamsul, Kadis Sumber Daya Air dan Bina Marga Burhanuddin, Kadis Perkebunan dan Hortikultura La Haruna, Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Muhammad Djudul, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muhammad Yusuf, dan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Parinringi, Kasatpol PP La Ode Daerah Hidayat, dan Plt. Kadis Kehutanan Sahid.

Selanjutnya, jajaran kepala biro (Karo) antara lain Karo Pemerintahan Muliadi, Karo Umum Abdul Rajab, Karo Kesra Yusmin, Plt. Karo Adpim Rahmat Hasan, beserta pejabat eselon tiga dan empat yang hadir.

Baca Juga  Kuartal Pertama 2021. Pertumbuhan Ekonomi Sultra Di Apresisasi Presiden Jokowi. Alimazi : Ayo kita Terus bergerak  

Selain jajaran kepala OPD, juga hadir Direktur Bank Sultra Abdul Latif dan anggota DPRD Sultra La Ode Tariala. (B/JG)

Tulis Komentar